Download GL Extension V3.0 – Game Booster – GL Tools No Root

Mengenal Apa Itu Robotik Beserta Contoh-contohnya

Robotik

Perkembangan teknologi saat ini sudah semakin maju dengan pesat. Dalam hal tersebut, komputer menjadi bagian yang tidak dapat terpisahkan. Robotik adalah salah satu bukti kemajuan teknologi yang banyak dikembangkan di negara-negara maju, seperti Jepang, Amerika Serikat, maupun negara lainnya. 

Adanya teknologi robotik tentunya memberikan pengaruh yang besar pada aktivitas manusia. Bahkan untuk semakin mengenalkan teknologi tersebut, beberapa negara memasukkan jurusan robotik di universitas-universitasnya, termasuk sekolah menengahnya.

Tapi, apa sih robotik itu? Apa pengaruhnya terhadap kehidupan manusia di zaman sekarang? Nah, buat kamu yang masih awam atau mungkin yang ingin mengetahuinya lebih dalam, coba deh simak dulu di bawah ini. 

Pengertian Robotik

Robotik berasal dari kata robot yang berarti perangkat elektronik yang diprogram untuk melakukan tugas secara otomatis yang biasanya dilakukan manusia. Dengan kata lain, robotik adalah ilmu yang berhubungan dengan perancangan dan pembuatan robot.

Tidak hanya itu, robotik juga bisa diartikan sebagai salah satu cabang teknologi modern yang mendesain, mengoperasi, mengkonstruksi, membuat, sekaligus mengaplikasikan robot. Meski tidak mudah dilakukan, saat ini robotik menjadi salah satu bidang ilmu yang semakin banyak digemari, terutama anak-anak muda. 

Kenapa tidak mudah? Tentunya saat ingin membuat robot, kamu perlu mempelajari ilmu mekanika, elektronik, algoritma, mesin, serta software komputer. Tidak heran kalau sekarang semakin banyak sekolah dan kampus menjadikan robotik sebagai pelajaran khusus maupun umum.

Contoh-contoh Teknologi Robotik

Dari penjelasan di atas, pastinya kamu sudah mengerti robotik adalah teknologi masa kini untuk menciptakan robot. Di beberapa negara, terutama di negara maju, sebagian tenaga kerja manusia sudah tidak lagi dipakai karena digantikan oleh robot. Tentu hal itu bisa menjadi kabar gembira sekaligus sedih. 

Adanya robot bisa membantu tugas manusia, tapi adanya robot juga membuat lapangan kerja bagi manusia bisa semakin berkurang. Contohnya saja seperti robot-robot di bawah ini yang diciptakan untuk meringankan tugas manusia. 

RIBA (Robot for Interactive Body Assistance)

RIBA (Robot for Interactive Body Assistance)

RIBA atau Robot for Interactive Body Assistance merupakan robot seperti perawat. Dikembangkan oleh RIKEN, robot satu ini diprogram untuk menggendong atau mengangkat pasien di rumah sakit.  Tapi, batas bobot pasien yang diangkatnya tidak bisa lebih dari 61 kilogram.

Tugasnya tidak hanya menggendong pasien saja, robot RIBA juga dapat mengenali suara pegawai rumah sakit, seperti perawat dan dokter. Itu karena robot ini diprogram juga untuk mendeteksi wajah maupun suara pegawai rumah sakit. 

ApriPoco

Robot lainnya yaitu ApriPoco yang dapat mengendalikan berbagai remote, seperti TV, AC, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu saja tugasnya, karena robot ini juga bisa mengenali perintah suara (Voice Command Operated), sehingga bisa berbicara dengan orang yang mengajaknya berkomunikasi.

Diciptakan perusahaan Toyota, ApriPoco sudah terprogram mengendalikan remote control universal. Hanya dengan koneksi inframerah, semua jenis remote dapat terdeteksi dan dikendalikan. Kalau tugasnya sudah selesai, robot ini akan menanyakan apa yang harus dia lakukan selanjutnya. 

 

Robot Pencuci Rambut

Jepang merupakan negara maju yang terkenal dengan robot-robot yang membantu tugas manusia, sehingga bisa mudah ditemukan di tempat-tempat umum. Salah satu robot unik yang diciptakan Negeri Sakura adalah robot pencuci rambut. 

Robot ini diciptakan khusus untuk mencuci rambut di salon-salon yang karyawannya sudah manula dan disabilitas. Menariknya lagi, robot buatan perusahaan Panasonic ini juga memiliki 24 jari yang fungsinya untuk mencuci rambut. 

Mulai dari menyampo, memijat, sampai membilas bisa dilakukan robot tersebut hanya dalam waktu 3 menit saja. Awalnya robot ini hanya untuk membantu kegiatan di panti jompo saja untuk memudahkan manula mencuci rambut. Tapi, belakangan ini salon pangkas rambut di Jepang mulai memakainya untuk meringankan tugas pegawainya. 

Buddy Robot

Contoh robot terakhir yaitu Buddy. Robot yang dikembangkan oleh Blue Frog Robotics ini memiliki desain yang lucu yang tugasnya sebagai asisten pribadi. Robot Buddy dapat membantu mengawasi keadaan rumah ketika ditinggal pemiliknya. 

Selain itu, robot ini juga dapat membangunkan pemiliknya, bermain, sampai mengingatkan hal-hal penting, seperti berolahraga dan minum obat. Berukuran seperti kucing, Buddy bisa dikatakan sebagai robot pendamping dan pembantu rumah yang diciptakan pertama kali di Paris. 

Memang robotik adalah teknologi modern yang dapat menciptakan berbagai macam robot. Sebagai ilmu yang semakin diminati, semakin banyak lowongan pekerjaan yang berhubungan dengan robotik. 




Nah, selain teknologi robotik yang mulai berkembang, HIPPO juga terus berinovasi agar dapat memberikan teknologi-teknologi terkini. Contohnya seperti earphone TWS terbaru dari HIPPO, yaitu 
Airmotion yang menggunakan teknologi Bluetooth V5.0 yang pasti sangat cepat dan lebih hemat daya dari teknologi Bluetooth sebelumnya.

 

Download Script Extensions GLTOOLS V3.0 – Mod Apk

Silahkan tunggu dalam 20 detik.

Tunggu Dan Download Gaes

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *